Kamis, 20 Desember 2012

Balik Nama Kendaraan Bermotor di Malang yang Bolak-balik

Sebenernya ini posting udah lama nulisnya, tapi belum sempet aku rilis. Cerita bermula saat tahun 2010 di saat kondisi ekonomi pribadi mulai membaik (baca: gak lagi nyanggong ortu :p), aku memutuskan untuk ganti sepeda motor. Dari yg semula suzuki tornado feat honda astrea prima warisan alm. Papa --yang bikin aku (berat badan 90kg) sering dituduh memperkosa sepeda motor--, menjadi sebuah suzuki thunder 125cc keluaran taun 2007 bekas, yang aku dapat dari sebuah dealer kreditan.

Si Bledek Biru dan identitas baru-nya

Selepas tuntas menebus BPKB dari leasing, tentu langkah selanjutnya adalah gimana supaya sepeda itu sah secara hukum menjadi milikku, karena nama yang tertulis di BPKB masih nama pemilik lama. Nah, mengingat keinginanku untuk mengurus sendiri proses balik nama yang tanpa modal pengetahuan memadai, akhirnya aku sempat bolak-balik antara kantor samsat di kota malang bagian selatan dengan kantor mapolresta malang di kota malang bagian "agak" utara. Untungnya informasi dan pelayanan petugas di kedua instansi itu sangat baik dan membantu, sehingga kelelahan dua hari sliwar-sliwer dari utara-selatan 3xPP terbayar lunas ketika STNK baru atas namaku telah sampai di tangan.

So capcus yang pingin aku bagi di sini adalah reseplangkah2 dan apa saja yang harus kita siapkan saat akan melakukan balik nama kendaraan Bermotor (ranmor) hasil jual beli, kasus Kota Malang, untuk daerah lain lebih kurang sama lah:

Bahan-bahan:
  1. KTP pemilik BARU (KTP pemilik lama nggak usah)
  2. BPKB ranmor ybs.
  3. STNK ranmor ybs.
  4. Bukti lunas pajak terakhir ranmor ybs. (kudu lunas sampai tahun berjalan)
  5. Kuitansi penjualan dari pemilik lama ke pemilik baru, di kolom pembayaran kudu tertulis untuk pembayaran [merk & tipe ranmor - nopol], tandatangan penjual di atas materai 6000.
  6. Siapkan seluruh bahan di atas; asli beserta 5 (LIMA) set berkas fotokopinya.
  7. Map warna biru (bisa dibeli di sebelah fotokopian samsat, bonus plastik STNK :p)
Peta harta karun penjelajahan mengurus balik nama di Kota Malang
(A) Samsat, Jl. S. Supriyadi (-8.016481,112.62015);
(B) Mapolresta, Jl. Jaksa Agung Soeprapto (-7.970413,112.631308)

Cara memasakLangkah-langkah:
(seluruh biaya yang tertulis adalah biaya RESMI dengan mendapatkan kuitansi resmi pula, dalam matauang rupiah baru hasil redenominasi --rpb-- :D)

LOKASI: SAMSAT
  1. Bawa ranmor ybs beserta seluruh bahan di atas, masukkan di map, langsung cus ke loket cek fisik buat dapat dua kertas gesek cek fisik, tarif rpb20, (fotokopian berkas kita akan diambil satu set, lainnya dibalikin, ati2 jangan sampe ada yang ilang)
  2. Isi formulir yg diberikan, dengan nama tertulis adalah NAMA KITA (PEMILIK BARU). Serahkan kertas gosok & formulirnya ke petugas cek fisik. Selanjutnya petugas tsb akan menggosok no mesin & rangka ranmor serta memberikan paraf di formulir
  3. Serahkan formulir yang telah diparaf beserta kertas gosok ke loket cek fisik untuk mendapatkan legalisasi, jangan lupa bilang tujuan kita buat balik nama, kalo udah, jadiin satu formulir itu sama berkas yg lain, trus cus ke mapolresta

LOKASI: MAPOLRESTA
  1. Masuk bagian pengurusan BPKB, ambil antrian (kalo pas kosong kayak aku kmaren mah langsung cus ke loket), isi formulir yang diberikan, dengan nama tertulis adalah NAMA KITA (PEMILIK BARU), trus kasihin lagi ke petugas loket Balik Nama
  2. Tunggu 5-10menitan, kita bakal dipanggil lagi buat mbayar bea balik nama BPKB rpb80 sama nerima struk pengambilan BPKB (fotokopian berkas kita akan diambil lagi satu set, lainnya dibalikin. Struk pengambilan BPKB langsung amankan di tempat yg paling aman jangan sampai ilang)

LOKASI: SAMSAT lagi
  1. Daftar di loket depan Samsat yang lokasinya sejajar sama parkiran sepeda motor, bayar bea register STNK rpb50 + bbn30, isi sendiri kuitansi yg diberikan, dengan nama tertulis adalah NAMA KITA (PEMILIK BARU), kuitansi ini jangan sampe ilang.
  2. Masuk ke lobi utama, minta formulir balik nama ke loket customer service di bagian kanan dalam.
  3. Kalo form itu udah diisi lengkap, langsung cus ke loket Balik Nama, posisinya kedua dari kiri, sebelahnya loket perpanjangan STNK. Serahkan form + map berisi seluruh berkas yg tersisa. Kita bakal dikasih sobekan struk pengambilan STNK (jangan ilang).
  4. Duduk manis di ruang tunggu yg udah disiapin, waktu tunggu sesuai SOP mereka adalah 30 menit.
  5. Kita bakal dipanggil buat bayar & nerima bukti pembayaran pajak & balik nama, pastiin nama yg tertulis di situ udah sesuai sama nama pemilik baru, karena ini adalah kesempatan pertama & (hampir) terakhir buat koreksi data. Kalo ada yang keliru (kayak aku kemaren) langsung laporkan, struk kita gak akan diganti, tapi data di STNK yang direvisi.
  6. Duduk manis lagi sekitar 15 menit nunggu panggilan pengambilan STNK dan plat nomor (TNKB) baru, tunjukin bukti bayar pajakkuitansi register. Di sini kita mesti pastiin data udah tertulis dengan benar, kalo masih salah juga biasanya kita diminta balik lagi besoknya (!)
  7. Voila!! STNK & plat nomor baru sudah di tangan (tapi jangan lupa, BPKB kita masih sekolah di mapolresta, ambil dua bulan lagi (!) dengan nunjukin struk pengambilan BPKB)

Biaya total Balik Nama Kendaraan Bermotor ngurus sendiri:
  1. Cek fisik rpb20
  2. BBN BPKB rpb80
  3. Register STNK rpb50
  4. Register BBN STNK rpb30
  5. Pajak + BBN STNK rpb370 (suzuki thunder 2007)
  6. Fotokopi + teh kotak + bakso rpb20 :D
Jadi TOTAL: rpb570fyi, biaya ngurus balik nama via calo bisa rpb1000-an lho ...

Catatan pribadi:
  1. Proses pengurusan balik nama secara umum cukup mudah dan informasi yang diberikan beserta biaya2-nya sangat transparan, semua terpasang jelas di dinding Samsat maupun Mapolresta
  2. Aku gak tau pertimbangannya apa kok pengurusan BPKB mesti terpisah di mapolresta, kalo gitu buat apa konsep layanan "satu atap", ini mestinya secara teknis bisa dibenahi
  3. Waktu buat balik nama BPKB kok lama banget ya? ... 2 bulan -___-
  4. Petugas balik nama mesti teliti jangan sampe ada kesalahan data, apalagi di KTP kan nama kita tertera sangat jelas. 
  5. Kalo mau ngurus ginian saranku sediakan waktu mulai pagi begitu samsat buka (jam 8), soalnya jam 13:00 mapolresta udah tutup dan jam istirahat samsat mulai 12:00 - 13:00, insyaAllah sebelum jam 12 semua urusan udah beres

Demikian ... Semoga berguna ...

2 komentar:

memang birokrasi di indonesia itu ruwet...., membuka peluang untuk calo, dah bener2 satu atap...kok dipisah jauh banget...,maksudnya apa ..., bpkb jg lama bnget jadinya...., wis sing sabar wae sam.....

makasih gan.
tapi kalo beda kota gimana gan?
misal sidoarjo malang